Pada tanggal 12 Februari 2024 telah dilangsungkan kegiatan penyuluhan dengan tema “ATIKA (Ati ayam, Telur, Ikan) Sumber Zat Besi” pada pukul 09.00 WIB dalam rangka memenuhi tugas Perencanaan Program Gizi (PPG). Penyuluhan ini di hadiri oleh Bidan Desa Ibu Heryulin Kusdwimukti, SST., dan seluruh ibu hamil di Desa Jatiblimbing serta mahasiswa prodi S1 Gizi STIKES Muhammadiyah Bojonegoro. Kegiatan ini diselenggarakan bertempat di Balai Desa Jatiblimbing Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro.

Materi yang disampaikan pada penyuluhan ini adalah definisi anemia, tanda-tanda anemia, penyebab anemia, dampak anemia dan pencegahan anemia pada ibu hamil yang mana topik ini sangatlah informatif dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya ibu hamil yang hadir pada Penyuluhan mahasiswa di Balai Desa Jatiblimbing.

Kegiatan penyuluhan “ATIKA” telah terlaksana dengan baik dan sangat  menyenangkan karena kegiatan dilakukan dengan cara Emotional Demonstration, dimana tidak hanya memberikan edukasi mengenai anemia namun terdapat permainan interaktif guna mengurangi pemberian informasi kesehatan yang hanya satu arah. Teknis permainan yaitu peserta membandingkan kandungan zat besi ATIKA (Ati ayam, telur dan ikan) dengan beras yang di ibaratkan nasi. Peserta di minta maju dan menjawab berapa gelas beras yang dibutuhkan agar sebanding dengan zat besi pada ati ayam, telur dan ikan. Penyuluhan dengan menggunakan metode Emotional Demonstration yang menyenangkan ini ibu hamil jadi mudah mengingat pesan yang disampaikan. Jelas, Ibu Hamil (Fitri)

Harapan dilaksankannya penyuluhan ini agar ibu hamil dapat merubah perilaku untuk konsumsi makanan sumber zat besi guna mencegah anemia

Penulis: Shofika F.R

Ibu Hamil Sehat Bebas Anemia KKN STIKES MABORO 2024

Tinggalkan Balasan