S1 Gizi

S1 Gizi

Deskripsi Jurusan Gizi

Ilmu Gizi adalah bidang ilmu yang mempelajari pentingnya nutrisi pada kehidupan manusia, hubungan antara diet dan gaya hidup, pemahaman tentang asupan dan penyediaan informasi, asupan/makanan yang mengandung nutrisi tinggi, dan pola makan sehat. Selain itu, Ilmu Gizi juga akan mempelajari pemrosesan makanan, penyimpanan, budaya makanan, serta metode pemasakan.

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kemampuan komunikasi
  • Kemampuan melakukan analisis
  • Kemampuan meneliti
  • Kemampuan berpikir rasional dan terstruktur
  • Kemampuan problem solving
  • Kemampuan bekerja secara tim
  • Keterampilan interpersonal

Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Gizi?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Ilmu Gizi.

  1. Pemerintah senantiasa membutuhkan tenaga ahli gizi di banyak sektor.
  2. Instansi layanan kesehatan sangat membutuhkan lulusan Ilmu Gizi untuk merencanakan menu pasien juga memperhitungkan kandungan gizi dari menu yang dibuat.
  3. Perusahaan-perusahaan di industri makanan dan minuman juga membutuhkan ahli gizi untuk ditempatkan pada bagian research and development dan bertugas menganalisis kandungan gizi dari produk yang dihasilkan. Di bidang ini ahli gizi juga bisa lho sebagai staf penjamin mutu.
  4. Lulusan Ilmu Gizi juga punya kesempatan yang luas untuk membuka usaha, salah satunya usaha catering. Dengan berwirausaha, kamu pun ikut menciptakan lapangan kerja.
  5. Kamu juga bisa bekerja sebagai perencana program pangan dan gizi di lembaga swadaya masyarakat maupun international non-government organization

Prospek Kerja S1 Gizi

Sarjana Gizi atau S1 Gizi Dapat kerja di berbagai bidang  Mulai dari menjadi staf penjamin mutu di industri makanan dan minuman, menjadi perencana menu dan gizi di pusat pelayanan kesehatan, peneliti di lembaga penelitian gizi dan kesehatan, menjadi akademisi, maupun menjadi pengusaha. Jenis dan jenjang kariernya juga cukup bervariasi. Gaji awal yang ditawarkan tergolong sangat kompetitif dengan memperhatikan aspek kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, area tempat bekerja, posisi pekerjaan. Lulusan Ilmu Gizi juga bisa mengembangkan potensi di sektor lain yang membutuhkan berbagai disiplin ilmu. Berikut ini beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti: