Lomba Kreasi MP-ASI Digelar Mahasiswa STIKES Muhammadiyah Bojonegoro

Lomba Kreasi MP-ASI digelar mahasiswa Stikes Muhammadiyah Bojonegoro dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Jurusan Administrasi Rumah Sakit (ARS) di Desa Karangsono Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (5/2/22).

Ketua KKN Yana Aidzin mengatakan penyelenggaraan program kerja ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi makan pendamping air susu ibu (MP-ASI) dan stunting pada anak. Kegiatan ini diselenggarakan di Balai Desa Karangsono. “Terdapat delapan tim yang terdaftar untuk mengikuti lomba, setiap tim terdiri dari dus orang,” ujarnya. Yana Aidzin menjelaskan dalam kegiatan Lomba Kreasi MP-ASI terdapat dua juri yaitu Dosen Gizi Stikes Muhammadiyah Bojonegoro Aprilliawan dan Ahli Gizi Puskesmas Dander Sitta. “Adapun tiga kriteria penilaian dalam lomba ini meliputi kelengkapan kandungan gizi, tahan lama dari makanan dan minuman, dan kreativitas dalam penyajian makanan. Dengan kriteria ini, peserta harus memahami aturan penilaiannya nanti,” tuturnya.

Setelah dilakukan penilaian, lanjutnya, diambil tiga pemenang dari delapan tim yang mengikuti Lomba Kreasi MP-ASI ini. Berikut para juara Lomba Kreasi MP-ASI :

  1. Juara Pertama diraih oleh Tim 1 (Ibu Iin dan Ibu Lilik) menu makanan nasi tim daging sapi dan menu ninuman jus susu kacang hijau.
  2. Juara kedua diraih oleh Tim 2 (Ibu Lutfuatul dan Ibu Ayu) menu makanan bola-bola nasi sayur dan menu minuman jus jambu.
  3. Juara ketiga diraih oleh Tim 3 (Ibu Ria dan Ibu Luswati) menu makanan soup bola tahu dan menu minuman jus jambu merah, serta menu tambahan bubur kacang hijau.

Yana Aidzin mengungkapkan kegiatan lomba ini diikuti dengan antusias ibu peserta lomba. kegiatan ini diharapkan dapat mendekatkan Mahasiswa KKN dengan masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan. “Semoga dengan adanya kegiatan lomba ini, ibu-ibu tambah ilmunya tentang gizi makanan. Ketika hal ini terus dikuatkan, maka dalam asupan di rumah pasti akan diaplikasikan untuk putra putrinya,” harapnya.

Leave a Reply

× Assalamualaikum wr wb, Ada yang bisa kami bantu?