Pada tanggal 19 Februari 2024 telah dilangsungkan kegiatan penyuluhan dengan topik “ASI Eksklusif” dalam rangka memenuhi tugas Perencanaan Program Gizi (PPG). Penyuluhan ini di hadiri oleh Bidan Desa Ibu Heryulin Kusdwimukti, SST., dan seluruh ibu hamil di Desa Jatiblimbing serta mahasiswa prodi S1 Gizi STIKES Muhammadiyah Bojonegoro. Kegiatan ini diselenggarakan bertempat di Balai Desa Jatiblimbing Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro.

Materi yang disampaikan pada penyuluhan ini adalah definisi ASI Eksklusif dan Manfaat ASI bagi ibu dan bayi. ASI sendiri sangat berperan penting dan merupakan nutrisi yang sempurna bagi pertumbuhan bayi. Penyuluhan ASI eksklusif dengan sasaran ibu hamil merupakan salah satu upaya peningkatan derajat kesehatan ibu dan bayi di masa mendatang serta sebagai bekal dan tindakan preventif dari tenaga kesehatan untuk mengupayakan semua ibu di Desa Jatiblimbimbing memberikan ASI eksklusif untuk anaknya.

Media yang digunakan pada penyulahan ini dengan media Audiovisual yang menarik. Penyuluhan dengan media Audiovisual melibatkan indra penglihatan dan pendengaran ibu sehingga semakin besar kemungkinan informasi tersebut mudah dimengerti.

Harapan dilakukannya Penyuluhan ASI Eksklusif dapat meningkatkan pengetahuan dan terjadi perubahan sikap ibu untuk memberikan ASI saja tanpa tambahan makanan lainnya sampai usia 6 bulan pada anaknya.

Shofika F.R

Penulis : Shofika F.R

Penyuluhan Asi Eksklusif KKN STIKES MABORO 2024

Tinggalkan Balasan