Workshop Literasi Media

Workshop Literasi Media
September 29, 2019 No Comments Berita Stikes hubi

Workshop Literasi Media

Dalam rangka meningkatkan silaturahmi dan kemapuan SDM Staff dan Mahasiswa Stikes Maboro, pihak kampus menyertakan beberapa personil untuk mengikuti Workshop Jurnalistik yang di adakan oleh AJI Bojonegoro. Di antara materi pelatihan tersebut adalah sebagai berikut :

Total Data yang ada di Dewan Pers adalah 1889 media. Dari data tersebut dapat di jabarkan sebagai berikut :

  1. Media Televisi Berjumlah 523 Unit.
  2. Media Online Berjumlah 68 Unit.
  3. Radio Berjumlah 674 Unit.
  4. Media cetak Berjumlah 624 Unit.

Di Negara Republik Indonesia ini Media Pers di kuasai oleh 12 orang semisal Hary Tanoe, Dahlan Iskan,Surya Paloh,dll. Banyak diantara media – media yang berisi tentang politik dan kepentingan pribadi, padahal seharusnya menyediakan informasi untuk Publik secara Real dan ter Aktual.

Dari beberapa macam Media Pers, Media Online yang paling terdepan dari pada yang lain. Semisal kelebihanya yaitu dari sisi Praktis, Jangkauan Media Online paling luas, Dokumentasi yang di upload di online tidak akan di hapus kecuali orang yang memposting menghapusnya sendiri, tidak membutuhkan tempat seperti media cetak.

Media Televisi juga memiliki kelebihan yang kuat dari segi Visualisasi video dan Suara. Tetapi kelemahanya yaitu frekuensi Publik terbatas, modalnya pun cukup padat, dan keterbatasan waktu ( berita yang sudah terlewatkan pemirsa tidakbisa di puter lagy ).

Media Digital tetap menjadi primadona dalam berbagai bidang seperti bisnis/pendidikan/dll. Dikarenakan informasi yang tidak terbatas ruang dan waktu. Visualisasi yang bagus dan modern, menjadi daya tarik yang lebih di hati masyarakat. Tetapi dalam menulis kita harus memahami karakter pembaca, kekuatan konten,dan target pembaca.

Melihat dari keseluruhan materi yang di sampaikan, beberapa hal sudah di lakukan oleh Stikes Maboro dalam menulis suatu karya semisal aspek memahami karakter pembaca, dan kekuatan kontenvyang termuat dalam web dan iklan.

Tags
Tentang Penulis

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *