“Meniti Karir Menjadi Perekam Medis yang Profesional”

“Meniti Karir Menjadi Perekam Medis yang Profesional”
July 29, 2020 No Comments Akademik STIKES maboro

Himpunan mahasiswa perekam dan informasi kesehatan Stikes Muhammadiyah Bojonegoro menyelenggarakan BigBam ( Bincang Bareng Maboro ) yang ke 5 kalinya dengan Tema “Perjalanan Hidup Menuju sukses” dan judul “Meniti Karir Menjadi Perekam Medis yang Profesional” pada pukul 10:00 WIB tanggal 28 Juli 2020 via applikasi zoom dan youtube. Dalam acara ini di hadiri oleh Bapak Ns. Sudalhar, M.Kep selaku Ketua Stikes Muhammadiyah Bojonegoro, dengan Host Endah Wahyu Utami selaku mahasiswa Stikes Muhammadiyah Bojonegoro Prodi D3 Perekam dan Informasi Kesehatan, dan moderator oleh Aulia Rizqi Arfadhilla mahasiswa Stikes Muhammadiyah Bojonegoro Prodi D3 Perekam dan Informasi Kesehatan. Serta di hadiri oleh 2 pembicara dengan pengalaman yang luar biasa yakni yang pertama Ibu Yuliatin A.Md.Kes yakni menjabat sebagai kepala Rekam medis Rumah sakit Islam Muhammadiyah Sumberrejo, dan Ibu Kuswinanada Ayu Pidada, A.Md. RMIK yakni seorang pegawai negeri sipil tahun 2019 UPTD Puskesmas Kedungtuban.

Dalam acara ini bapak Ns. Sudalhar, M.Kep selaku ketua Stikes Muhammadiyah Bojonegoro memberikan sambutan dan ucapan terimakasih kepada narasumber atas partisipasi semua peserta,  Kedua Narasumber dan segenap Panitia HimaPik di bawah bimbingan Bapak Tegar Wahyu Yudha Pratama, S.Tr M.K.M selaku Ketua Prodi D3 Perekam dan Informasi Kesehatan atas terselenggaranya BigBam kelima. Selain itu bapak Ns. Sudalhar, M.Kep menyebutkan bahwa Stikes Muhammadiyah Bojonegoro mempunyai 3 prodi yakni D3Perekam dan Informasi Kesehatan, S1 Adminitrasi Rumah Sakit, dan yang paling terbaru S1 Gizi. Beliau menegaskan bahwa ketiga program studi tersebut sangat di butuhkan di sarana pelayanan Kesehatan, baik di klinik, puskesmas, dan rumah sakit. Beliau menjelaskan kembali bahwa mahasiswa Stikes Muhammadiyah Bojonegoro terbukti 95% sudah banyak yang mendapatkan pekerjaan bahkan sebelum di wisuda. Saya sampaikan ini semua kepada bapak, ibu, dan saudara bisa mendapakatkan manfaat dari sebuah proses pendidikan yang di sebut dengan kuliah, Tegasnya.

Pemateri yang pertama yaitu Ibu Yuliatin, Amd.Kes dalam perbincangan kali ini. Beliau berkata bahwa Rekam Medis tidak berinteraksi dengan pasien namun sangat mempunyai peranan yang sangat penting dan merupakan pekerjaan yang mulia. Selain itu beliau juga membagikan pengalaman mulai menjadi mahasiswa Rekam Medis hingga menjadi Kepala Rekam Medis di RSIM Sumberrejo. Kemudian beliau juga memberikan langkah – langkah tentang meniti karirnya. Tak hanya itu beliau juga menjelaskan tugas sebagai seorang kepala rekam medis. Kemudian Pemateri kedua yaitu ibu Kuswinanda Ayu Pidada, Amd. RMIK yang memberikan beberapa pemaparan tentang Langkah awal menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil Rekam Medis. Selain itu beliau juga menjelaskan tentang tahapan-tahapan persyaratan-persyaratan awal  menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil seperti dokumen,tes dan lain sebagainya. Lanjutnya beliau memberikan beberapa tips dan trik lolos menjadi Pegawai Negeri Sipil. Selanjutnya kedua pemateri tersebut memberikan pesan untuk mahasiswa/mahasiswi Rekam Medis, dalam pesan yang di sampaikan yakni kedua pemateri tersebut memberikan pesan untuk selalu semangat, pantang menyerah, optimis, planning yang matang dan menekuni bidang yang dikuasai serta jangan pernah takut mencoba,selain itu yang tak kalah pentingnya adalah restu dari orang tua. I Meyke Tri Ananda Dewi & Aulia Rizqi Arfadhilla.

Tags
Tentang Penulis

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *