Emotional Health Training, Meraih Stabilitas Kesehatan Emosi

BOJONEGORO – Kesehatan emosi menjadi penting bagi semua orang dalam menapaki perjalanan hidup agar kita mampu untuk menghadapi berbagai permasalahan kehidupan. Untuk menguatkan kesehatan emosional bagi masyarakat, sebuah pelatihan digelar untuk masyarakat umum yang bertempat di STIKes Muhammadiyah Bojonegoro, Minggu (26/6/2022).

Training bertajuk “Emotional Health, Meraih Stabilitas Kesehatan Emosi” pagi ini nampak diikuti puluhan masyarakat, mulai dari pelajar, mahasiswa, komunitas hingga kader partai politik. Dengan narasumber tunggal, Dr. Suyoto seorang akademisi-politisi kegiatan terlihat begitu antusias dan bahagia.

“Remote control hidup itu ada pada diri sendiri, pada otak kita masing-masing,” ungkap Dr. Suyoto yang akrab dipanggil Kang Yoto ini.

Menurutnya, Kesehatan Emosional sangat berpengaruh terhadap cara kita berpikir, merasa hingga bertindak. Kesehatan mental mampu menentukan bagaimana menangani stres, berhubungan sosial dan membuat pilihan dalam setiap tahap perjalanan kehidupan. Kang Yoto menuturkan, emosi yang sehat juga baik bagi kehidupan sosial. Orang dengan emosi sehat dapat berkomunikasi lebih baik, mudah bergaul, dan memiliki pertemanan yang sehat. Ia juga lebih mampu memberikan kontribusi yang baik kepada komunitas atau orang-orang di sekitarnya.

Kesehatan emosional juga dapat memengaruhi kesehatan fisik karena terbukti berisiko lebih rendah terkena penyakit kronis, seperti liver, stroke, diabetes hingga penyakit jantung.

” Jika seorang individu berpengaruh, namun tak memiliki kesehatan emosional alias sakit, tentu akan membawa pengaruh buruk pada banyak orang, ” terang Kang Yoto.

Celakanya, jika ini dialami pendidik, politisi ataupun penguasa tentu akan membawa kerusakan bagi hidup kehidupan. Materi kesehatan emosional, mulai teori hingga praktek dikupas tuntas dalam pelatihan ini. Bagaimana otak tetap berfungsi normal dalam beraktivitas, berperilaku, mengendalikan emosi hingga mengelola stres karena tekanan kehidupan dengan tetap bahagia sehat jasmani dan rohani. (cipt/red).

dikutip dari kabarpasti.com

Leave a Reply

× Assalamualaikum wr wb, Ada yang bisa kami bantu?