Bigbam (Bincang Bareng Maboro) Seoson 8 ”Pentingnya Olahraga di Tengah Pandemi”

Bigbam (Bincang Bareng Maboro) Seoson 8 ”Pentingnya Olahraga di Tengah Pandemi”
August 19, 2020 No Comments Berita Stikes STIKES maboro

BigBam (Bincang Bareng Maboro) kali dilaksanakan pada hari Selasa pukul 10.00-11.00 dengan mengangkat tema ”Pentingnya Olahraga di Tengah Pandemi”. Acara Bigbam kali ini dilaksanakan masih dalam suana perayaan HUT RI yang ke-75, dengan semangat yang tinggi sebagai seorang mahasiswa dan pendidik Stikes Muhammadiyah Bojonegoro menyelenggarakan bigbam 8 ini dengan upaya untuk mengisi kemerdekaan.

            Kata pembuka disampaikan oleh bapak ketua Stikes Muhammadiyah Bojonegoro Bapak Ns. Sudalhar, M.Kep, beliau menyampaikan menjaga imunitas pada tubuh kita sangat penting apalagi ditengan pandemi seperti ini salah satunya dengan melakukan olahraga yang teratur. Selain itu beliau juga menjelaskan tentang beasiswa yang dikeluarkan oleh Stikes Muhammadiyah Bojonegoro untuk berperan dalam mengurangi masalah ekonomi yang menurun diakibatkan virus corona dan untuk menyambut kemerdekaan RI yang Ke-75 yaitu beasiswa 1 paket SPP untuk 2 orang. Biaya ini sangat murah dibandingkan dengan biaya biasanya atau reguler.

            Pada kesempatan kali ini kita mendatankan pemateri yang sangat luar biasa dari segi ilmu dan pengalamannya. Beliau adalah seorang ahli gizi dari lulusan Universitas Brawijaya dan mendalami ilmu Biomedik lulus pada tahun 2018. Kita di rumah saja kurang lebih sudah ada 5 bulan sebelum new normal diberlakukan, walau di rumah aja kita harus tetap mengatur pola makan dan melakukan olahraga agar imunitas tubuh kita selalu meningkat.

Bagaimana peran olahraga terhadap sistem imun ? nah tentunya sangat berperan dalam menigkatkan imun, apabila kita melakukan olahraga dengan intensitas santai maka risiko infeksi pada rata-rata, jika melakukan olahraga dengan intensitas sedang resiko infeksi menurun yaitu 40-50%, apabila kita melakukan olahraga dengan intensitas berat maka risiko infeksi akan melonjak 2-6 kali. Jadi disarankan untuk olahraga dengan intensitas sedang karena resiko infeksi yang paling rendah. Olahraga dengan intensitas sedang ini dilaksanakan 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi 30-45 menit yaitu dnegan olahraga seperti jalan cepat, joging, bersepedah statis, senam dan renang.

Tips olahraga di tempat umum, tentunya olahraga yang tetap melaksanakan protokol kesehatan. Memakai masker, jaga jarak, cuci tangan, dan sampai rumah segera dibersihkan semua peralatan yang digunakan berolahraga di luar rumah. Itulah materi yang disampaikan oleh ibu Intan Rakhma Kinanti, S.Gz, M.Biomed dalam acara BigBam (Bincang Bareng Maboro) seosen ke-8 atau lebih jelasnya dapat membuka link youtobe kami

Tags
Tentang Penulis

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Assalamualaikum wr wb, Ada yang bisa kami bantu?