Bigbam (Bincang Bareng Maboro) Seoson 2 dengan tema ”Pentingnya SPI dalam perkembangan Rumah Sakit”

Bigbam (Bincang Bareng Maboro) Seoson 2 dengan tema ”Pentingnya SPI dalam perkembangan Rumah Sakit”
July 6, 2020 No Comments Berita Stikes STIKES maboro

BigBam (Bincang Bareng Maboro) dilaksanakan tiap hari Selasa pukul 10.00-11.00 dengan mengangkat tema yang menarik dan berbeda-beda. Acara BigBam minggu ke dua dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Juni 2020 dengan mengangkat tema “Pentingnya SPI (Sistem Penjamin Internal) dalam Pengembangan Rumah Sakit”.

Pemateri kali ini sangat spesial karena dibawakan oleh ketua Stikes Muhammadiyah Bojonegoro dan juga ketua bagian SPI di rumah sakit Aisyiyah Bojonegoro pada tahun 2012-2017 maka dari itu sudah tidak diragukan lagi ilmunya mengenai SPI yang beliau sudah sangat profesional di bidangnya yaitu bapak Ns. Sudalhar, M.Kep.

Dalam acara ini diikuti oleh seluruh civitas akademika Stikes Maboro dan pegawai rumah sakit di Bojonegoro maupun luar Bojonegoro. SPI (Sistem Penjamin Internal) ini sangat penting diterapkan di rumah sakit maka banyak sekali peminatnya dari pengelola rumah sakit maupun yang akan bekerja di rumah sakit. Perserta terjauh kemarin dari Bukittinggi Sumatra Barat dan masih banyak lagi yang meminati materi kali ini.

Dalam pelaksanaan SPI harus ada auditor di dalamnya, auditor adalah orang yang melaksanakan audit internal di rumah sakit. Pelaksanaan audit internal ini bertujuan untuk pengendalian agar tata kelola rumah sakit berubah menjadi lebih baik. Audit internal ini bukan untuk mencari kesalahan tetapi mencari resiko, mencari apa penyebabnya, dan akhirnya menghasilkan solusi yang akan membawa rumah sakit lebih baik lagi.

Seorang auditor adalah yang memiliki SK dari direktur dan memenuhi syarat yaitu independen dan kompeten. Independen adalah berdiri-sendiri yang artinya tidak merangkap tugas di bagian/unit lain, sedangkan kompeten adalah orang yang mempunyai kemampuan atau orang yang sudah banyak tahu tentang rumah sakit atau biasanya diambil dari pegawai yang sudah senior.

Nah siapa yang diperiksa oleh auditor ? yaitu semua unit yang ada di rumah sakit seperti instalasi, bidang/bagian,seksi/sub-bid, unit kerja lainnya dan yang diperiksa auditor bukan orang perorang. Itulah materi yang disampaikan oleh Bapak Ns. Sudalhar, M.Kep dalam acara BigBam (Bincang Bareng Maboro) seosen ke-2 atau lebih jelasnya dapat membuka link youtobe kami https://youtu.be/1ItqYKys4Tc

Tags
Tentang Penulis

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *